Kebiasaan Yang Bisa Merusak Otak

Kebiasaan Yang Bisa Merusak Otak - Sebagai pusat dari sistem syaraf, otak memiliki lebih dari 100 miliar syaraf yang masing-masing terhubung satu sama lain melalui sekitar 10 ribu syaraf lainnya. Peran itulah yang membuat otak memang sebuah organ yang sangat penting. Anda harus menghindari kebiasaan sepele yang justru membuat otak rusak. Tapi sayangnya, kebiasaan ini justru jarang diketahui oleh banyak orang.

1. Tidak memakan sarapan
2. Terlalu banyak makan
3. Menghisap rokok
4. Terlalu banyak makan gula
5. Polusi di udara
6. Kurang berinteraksi

Keterangannya sebagai berikut:

1. Tidak memakan sarapan: entah karena memang sudah terbiasa ataupun karena tidak punya waktu untuk memakan sarapan, namun ternyata hal ini dapat memicu kerusakan otak Anda. Hal itu disebabkan karena otak kekurangan nutrisi yang seharusnya dapat diperoleh pada saat sarapan. Dengan kadar gula yang menurun maka otak tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik karena itulah Anda akan merasa lemas oleh kurangnya glukosa yang dibutuhkan oleh otak.

2. Terlalu banyak makan: ternyata suplai makanan yang terlalu banyak pun tidak baik karena pembuluh darah dapat menjadi keras dan bila terjadi dibagian otak akan menyebabkan penurunan mental sehingga otak rusak.

3. Menghisap rokok: kebiasaan sepele yang membuat otak rusak ini memang sudah diketahui oleh hampir semua orang, sayangnya masih saja banyak orang yang tidak peduli dengan adanya banyak kandungan beracun dalam rokok yang dapat merusak otak.

4. Terlalu banyak makan gula: tubuh yang diberi asupan gula terlalu banyak maka akan menyerap protein lebih sedikit. Akibatnya nutrisi yang sebenarnya sangat dibutuhkan dalam perbaikan serta pengembangan otak tersebut akan berkurang sehingga memicu kerusakan pada otak.

5. Polusi di udara: mungkin masih banyak dari Anda yang tidak menghiraukan polusi yang ada di sekitar terutama polusi udara. Padahal saat anda terlalu banyak menghirupnya maka kandungan oksigen dalam otak menjadi berkurang sehingga menyebabkan kerusakan otak yang cukup berbahaya.

6. Kurang bercakap-cakap: memang ada sebagian orang yang pendiam, namun ternyata hal ini dapat menjadi kebiasaan sepele yang membuat otak rusak karena bercakap-cakap ternyata juga diperlukan agar sel-sel dalam otak terus dibuat aktif. Jika orang jarang bercakap-cakap sel-sel tersebut akan perlahan-lahan mati yang tentunya akan membuat otak menjadi rusak, karena itu lebih baik untuk berdiskusi masalah intelektual sesekali.

Sumber Kebiasaan Yang Bisa Merusak Otak : Dream.co.id

Related Posts